TIPS BILA GADGET KETUMPAHAN AIR ATAU NYEBUR KE AIR

 
TIPS BILA GADGET KETUMPAHAN AIR ATAU NYEBUR KE AIR ---> TIMBUN DALAM BERAS ---> BUKAN MITOS, TAPI FAKTA!! ---> DI BAWAH INI PENJELASANNYA
Ini berdasarkan pengalaman sendiri yah... Jadi beberapa hari yang lalu, leptop saya ketumpahan air. 
Saat itu leptop dalam kondisi nyala. Begitu ketumpahan air pas di atas keyboard-nya, leptop langsung mati. Panik deh saya. Huaaa... Tapi saat itu saya tetep berusaha kalem, hahahaaa... Belajar me-menej hati Akhirnya batre leptop dilepas sama suami. 

Kata suami, udah biarin aja dulu ya bu jangan dinyalain. Oke deh. Saya liat leptop saya diberdiriin posisi miring di atas kain, di dalam kamar. Mungkin maksudnya supaya airnya turun. Saya lupa deh saat itu sore atau gimana yah? Pokoknya gak kepikiran ngejemur leptop di luar. Nah besoknya baru kepikiran sama saya untuk bikin status di fb nanya ke temen-temen, kalau leptop ketumpahan air biasanya gimana? Leptop mati/rusak? Trus solusinya apa? Ternyata seorang kawan bilang, timbun di dalam beras. 

Tujuannya supaya lembab, leptop kering, dan bisa nyala lagi. Tanpa pikir panjang langsung deh saya kerjain. Pikiran saya, ah ini kan berdasarkan pengalaman dia sendiri, sudah ada yang mempraktekkan, jadi akhirnya saya juga berani melakukan hal yang sama. Posisi leptop ditimbun dalam berasnya terbuka yah, jadi keyboard yang ketumpahan air itu ketutupan sama beras. Dan jangan lupa, batrenya harus dilepas. Saya sengaja timbun agak lama. Dua hari waktu itu. Eh, 2 atau 3 yah? Lupa Pas akhirnya leptop saya angkat, trus saya serahkan ke suami untuk dipasang lagi batrenya, lalu dicoba dinyalakan... Alhamdulillaah... BISAAA...!!! Dan benar-benar berfungsi normal seperti sebelum ketumpahan air Trus jadi heran sendiri, KOK BISA... BERAS??? Teorinya gimana ya...??? Bahkan temen saya ada yang sampe bilang, ini MITOS apa beneran?? Hehee... Jadi ternyata teorinya seperti ini... Beras memiliki kepadatan serbuk yang halus dan kesat. Coba bandingkan tepung beras dan tepung terigu, jauh lebih halus dan kesat tepung beras). 

Nah, dalam satu wadah beras, pasti ada bubuk-bubuk berasnya kan yaaa? Bubuk beras itulah yang bisa 'menyelinap' ke dalam tempat-tempat sempit. Apabila gadget kita yang terkena air (ketumpahan atau kerendam) kemudian ditimbun dalam beras, maka air yg masih tersisa bisa terserap oleh bubuk-bubuk beras tersebut. Ini sangat baik ketimbang gadget kita keringkan seperti biasa. Karena, apabila dikeringkan biasa, masih ada sisa-sisa air sedikit yang menempel di dalam komponennya. Tapi dengan bubuk beras, air dapat di serap 100%. Penjelasan lain : beras itu kering dan bersifat gampang menyerap kelembaban (makanya beras tidak boleh ditaruh di tempat lembab). 

Nah kalau air kan memang pengantar listrik, itu yang membuat komponen dan jalur jalur di dalam komponen kelistrikan konslet. Itu yang menjelaskan kenapa air bisa menyebabkan alat elektronik rusak. Oiya, beras itu hangat, jadi lebih mudah membuat partikel air berubah menjadi uap air yang kemudian diserap sama si beras Selain leptop, cara ini bisa dipakai buat gadget lain yang kena air loh. Hp, kamera, flashdisc, token (alat bantu transaksi internet banking) Yang pasti, perhatikan dan lakukan hal-hal di bawah ini saat gadget kita kena air yah : 1. Matikan gadget. Jangan dicoba nyalakan sebelum yakin benar gadget sudah kering dari air. Karena kalau masih ada airnya, dikhawatirkan malah konslet dan menyebabkan hardware gadget malah rusak. 2. Lepas komponen gadget yang bisa dilepas. Kalau pengalaman leptop saya, ya batrenya yang dilepas. Kalau hp yang kena air, lepas batrenya, casing-nya juga kalau bisa. Begitu juga dengan kamera yah. 3. Timbun gadget dan komponennya di dalam beras. Namanya ditimbun, berarti ketutupan semua yah. Kalau bisa berasnya agak banyak supaya bisa benar-benar ketimbun gadget kita. 4. Biarkan 2-3 hari. 5. Kalau sudah yakin kering, baru pasang kembali komponen gadget dan coba nyalakan. 

Bismillaah... Selama ini sih dari pengalaman-pengalaman yang saya baca, berhasil semua tuh dengan metode timbun beras ini. Daripada langsung ke tempat servis yah, yang biasanya butuh biaya besar, belum lagi resiko gadget rusak atau data hilang, mending untuk pertolongan pertama, coba metode timbun beras ini dulu deh. Oya, dibanding dengan dijemur di bawah panas sinar matahari atau pake hairdryer, cara ini juga lebih aman. Karena kalau kena panas langsung, dikhawatirkan hardware si gadget malah tambah rusak. 

Selamat mencoba... Silakan di-share yah karena saya yakin banyak yang belum tau tentang info bermanfaat ini deh 
* sumber info : Google 
* foto di sini adalah foto leptop saya waktu ditimbun beras tapi belum penuh ya.