Pijat dan Masalah Kesehatan Manusia (PLUS)


Gaya hidup yang semakin kompleks dewasa ini tanpa disadari telah banyak menyumbang pada munculnya berbagai penyakit yang diderita manusia. Beruntung, ada sejumlah metode pengobatan yang siap mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mengganggu manusia. Pijat merupakan salah satu metode pengibatan yang telah dikenal masyarakat dunia.

Sejak ditemukan ribuan tahun lalu hingga saat ini, pijat telah memberi peran yang signifikan dalam mengatasi masalah kesehatan manusia. Berbagai penyakit dapat diatasi dengan metode ini, dari penyakit ringan hingga berat. Dari [enyakit yang diderita bayi, orang dewasa, hingga lanjut usia (lansia).
Pendek kata, pijat telah memberi sumbangan besar dalam menjaga kesehatan.


A. Pijat Dalam Keseharian

Sejak kapan kita mengenal PIJAT? Kapan pijat mulai digunakan manuasia untuk mengatasi persoalan kesehatan tubuh? Tidak adaa yang tahu persis waktunya. Namun, sejak dulu pijat dilakukan manusia sebagai reaksi spontan untuk mengtasu rasa nyeri saat mengalamai keluhan atau gangguan di salah satu bagian tubuhnya.

Misalnya, jika sesorang sedang mengalami nyeri punggung, pasti tangannya secara otomatis akan memijat punggung yang terasa sakit tersebut. Seseorang yang sedang mengalami sakit kepala terlihat memijat-mijat bagian kepala sakit itu. Demikian juga jika ada keluhan dibagian tubuh lainnya, secara spontan tangan akan memijat bagian tubuh yang bermasalah tersebut, tanpa menunggu orang lain menyuruhnya. Demikian melekatnya pijat dengan keseharian hingga tidak hanya dikenal dan dipraktikkan oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh hampir seluruh penduduk di dunia ini. Dalam perkembangannya, pijat juga telah berhasil dirumuskan dalam berbagai macam teknik untuk tujuan kesehatan tubuh manusia. Karena itu, kita mengenal isitilah pijat dari berbagai negara. Misalnya, Pijat Tiongkok atau Tiuna, Pijat Jepang atau Shiatsu, dan Pijat Swedia. Selain itu, metode atau teknik pijat juga sangat berkembang. Sebut saja tekhnik pijat refleksi, akupresur, totok darah, pijat bayi, pijat urat syaraf, dan berbagai macam teknik pijat lainnya.

B. Pijat Refleksi dan Akupresur Bagi Kesehatan Tubuh

Pijat pada dasarnya dilakukan untuk mengatasi masalah gangguan kesehatan tubuh, apa pun teknik dan jenisnya. beberapa teknik pijat yang relatif dikenal adalah Pijat Refleksi dan Akupresur. Teknik ini dipilih karena di Indonesia kadua teknik tetap populer hingga saat ini dan telah terbukti bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit. bebrapa teknik pijat lain mungkin juga manjur, tetapi relatif kurang populer.

Kedua teknik pijat ini berasal dari negeri yang sama, yakni Cina. Di dalam ilmu pengobatan tradisional Cina atau TCM (Tradtional Chinese Medicine), kedua teknik ini berasal dari induk ilmu yang sama, yaitu akupuntur.

Meskipun kedua teknik pijat ini menyimpan sejumlah perbedaan baik dari sisi metode maupun teori yang melandasinya, terdapat beberapa prinsip yang sama antara keduanya. Bahkan, pijat refleksi dan akupresur dapat diaplikasikan secara bersama-sama untuk menangani penyakit karena memang tidak ada pertentangan yang mendasar dalam penerapannya.

Mengapa Pijat Refleksi dan Akupresur Tidak Menimbulkam Efek Samping.? 
Pijat refleksi dan Akupresur merupakan teknik pengobatan tanpa menimbulkan efek samping karena penerapannya hanya menggunakan sentuhan tanga. Caranya, cukup tekan titik-titik saraf yang berhubungan dengan oragan yang bermasalah menggunakan sentuhan tangan. Metode ini dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan dan operasi sebagaimana yang diterapkan dalam ilmu kedokteran umumnya

C. Manfaat Menguasai Teknik Pijat

Kesehatan saat ini sudah menjadi barang yang mahal, apalagi penyakit mudah menimpa siapa saja. Di sisi lain, tingkat pengobatan yang memadai semakin tidak murah. Sementara itu, tingkat pendapatan masyarakat justru semakin sulit mengimbangi biaya kesehatan yang mahal.
Di tengah kondisi yang kurang menguntungkan ini, menguasai teknik pijat untuk mengatasi kesehatan tubuh adalah sebuah pilihan yang tepat dan cerdas. Untuk mengambil manfaat dari penguasaaan teknik pijat kesehatan : hidup jadi sehat, menghemat anggaran kesehatan, dapat membuka klinik pengobatan, membuka kursus pengobatan. Informasi Pengobatan Akupuntur dan Pijat Refleksi di www.terapibioquantum.com