TNI AD - Mayor Inf Warto, Juara Penembak Internasional

 
Mayor Inf Warto telah banyak mengukir prestasi serta mengangkat nama baik TNI Angkatan Darat dalam berbagai event. Perwira Menengah ini merupakan sosok di balik Sukses Petembak TNI di Kancah Internasional.

Semua ini didapat dengan kerja keras dan kejujuran. Mayor Warto bukan anak pejabat atau jenderal, dia lahir sebagai anak buruh tani yang serba kekurangan.

Masa kecil Warto dihabiskan untuk membantu orang tua demi membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari. Saat menempuh pendidikan mulai dari SD hingga SLTA, berbagai kendala harus dilaluinya. Biaya sekolah kerap kali tersendat. Bahkan pernah dia mengalami putus sekolah karena ketiadaan biaya.

Namun Warto muda tak mau menyerah. Dia bekerja sebagai buruh tani pada sebuah lahan milik tetangganya sepulang sekolah.

Pada tahun 1982 setamat SLTA, Pria kelahiran 1962 ini mendaftarkan diri di Rindam V/Jayakarta sebagai calon Tamtama TNI AD. Setelah lulus Secata Warto yang menyandang pangkat Prajurit Dua dipercaya untuk mengemban tugas di Batalyon Infanteri 328/Kostrad Cilodong.

"Selama bertugas di Yonif Linud 328/ Kostrad, berbagai kegiatan dijalaninya dengan penuh rasa tanggungjawab. Aktivitas yang rutin dilakukan di luar penugasan adalah latihan atletik, olahraga militer, beladiri, menembak, dan terjun bebas," demikian informasi dari Dinas Penerangan TNI AD.
Di bidang atletik, Warto tergabung dalam pelari jarak menengah dan estafet. Di bidang oramil, seluruh materi oramil dikuasainya.
Di bidang beladiri karate, dia penyandang Dan-II (sabuk hitam). Saat itu Warto pernah meraih medali perunggu pada even turnamen antar angkatan di bidang kumite kelas bebas.