Cara Mudah Atasi Mendengkur

 
Para peneliti di University of Toronto di Kanada menemukan cara mudah untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur.

Bagi yang hobi mendengkur saat tidur, disarankan untuk memakai kaus kaki yang biasa digunakan untuk mencegah pembengkakan saat melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang.

Kaus kaki yang memiliki tekanan saat dipakai itu biasa disebut flight socks.
Flight socks dipercaya bisa mengurangi jumlah cairan yang terkumpul di bagian bawah kaki saat siang hari.

Menurut beberapa penelitian, pada malam hari cairan tersebut berpindah ke bagian leher sebagai akibat dari gaya gravitasi saat orang berbaring.

Hal itu bisa menyebabkan gangguan tidur bernama obstructive sleep apnoea, suatu kondisi mendengkur karena kesulitan bernapas akibat terhalang cairan dalam leher.

Mendengkur adalah proses sebagai akibat dari kelebihan lemak dan cairan di sekitar leher. Otot-otot saluran udara di leher kemudian mengendur, yang menutup pernapasan selama sepuluh detik atau lebih. Suara mendengkur terjadi saat udara lewat namun terhalang sehingga menggetarkan jaringan lunak yang menghalanginya.

Saat otak menyadari bahwa pernapasan berhenti, ia akan mengirim sinyal kepada otot saluran udara agar berkontraksi lagi. Hal ini akan membuka jalan napas dan orang tersebut terbangun dengan tersentak. Kejadian tersebut bisa terjadi setiap 10 menit atau beberapa menit.

Mendengkur bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Jika tidak diatasi dengan segera, mendengkur dikaitkan dengan darah tinggi dan serangan jantung.
Salah satu upaya disarankan peneliti adalah menggunakan flight socks, versi pendek dari stocking kompresi yang biasa digunakan untuk mengatasi varises.

Flight socks akan meremas kaki bagian bawah agar darah terus bergerak dan menghentikan berkumpulnya cairan.

Dengan demikian, cairan tidak berpindah ke leher dan menghalangi jalan pernapasan.
(Ism, Sumber: Daily Mail)