Green Look Me - Blogger Kere 2009

Green Look Me Adalah Seorang Blogger Kere Sejak Tahun 2009

Kamis, 12 Februari 2015

Batu Akik Indonesia Dijual Mahal Sampai Puluhan Juta di eBay

 
Demam batu akik yang tengah melanda Indonesia juga menjangkau eBay. Di situs lelang ini, pencarian singkat dengan kata kunci "agate" (batu akik) asal Indonesia bakal membuahkan ratusan hasil.

Batu akik Indonesia paling mahal yang bisa ditemukan di eBay adalah sebuah batu akik gambar 110 karat dengan pola "kupu-kupu". Batu tersebut kini tengah dilelang dengan harga beli langsung (buy it now) 4.500 dollar AS atau lebih dari Rp 56 juta.

"Batu akik ini adalah yang satu-satunya dan tidak akan ditemui lagi," tulis si penjual dalam deskripsi barang yang dilelangnya. "Turut datang dengan sertifikat Gemologi dari GIA Alumni Association yang sangat dipercaya."
gregorius1110/ eBay
Laman lelang batu akik kupu-kupu asal Indonesia di eBay
Berukuran 39 x 34 x 12 cm, batu akik round double cabochon bermotif kupu-kupu tersebut tampak cukup besar dalam foto-foto lampiran penjual. Sang batu terlihat sudah terpasang di sebuah bingkai bandul dari bahan stainless steel.

Selain batu akik "kupu-kupu" ini, situs eBay turut menampilkan listing batu akik Indonesia dalam aneka rupa dan harga. Ada yang sudah dipoles, ada pula yang masih berbentuk bongkahan.

Di pasaran Indonesia sendiri, munculnya tren akik belakangan ini telah mendongkrak harga batuan jenis kuarsa yang terbentuk dari pergerakan magma di bawah kulit bumi tersebut.

Para pedagang batu akik di Pasar Rawa Bening, Jakarta Timur, misalnya, bisa meraih untung 400 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, harga jual batu dari pertambangan rakyat juga tercatat melonjak hingga 500 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar