Presiden Jokowi Memperkenalkan Batik Indonesia ke Mancanegara

 
Presiden Joko Widodo bertolak ke Beijing, Tiongkok, mengenakan batik. Tidak memakai setelan jas seperti lazimnya beberapa presiden sebelumnya.

Saat terbang dari Halim Perdanakusuma untuk menghadiri KTT APEC, Sabtu (8/11/2014), Jokowi memakai batik cokelat. Warnanya senada dengan Ibu Negara Iriana yang tampil berkebaya lalu ditutupi kain batik cokelat.

Karena Jokowi berbatik, seluruh rombongan yang ikut serta dalam perjalanan pun memakai batik. Termasuk para anggota Paspampres dan staf, hingga wartawan.

"Lebih nyaman pakai batik," ujar salah seorang staf.

Menko Perekonomian Sofyan Djalil yang juga mengenakan batik berujar, ini memang misi Jokowi untuk mengenalkan batik di luar negeri.

"Masa kalah sama mendiang Nelson Mandela yang ke mana-mana pakai batik," ucap Sofyan saat berada di pesawat kepresidenan.

Belum jelas, apakah Jokowi akan tetap memakai batik saat konferensi resmi. Menurut salah seorang staf, bila acara seperti KTT, kemungkinan besar Jokowi tetap memakai setelan jas. Namun untuk acara-acara di luar konferensi, seperti kunjungan atau kepulangan dan kedatangan, tetap berbatik.

Berdasarkan pengalaman detikcom mengikuti perjalanan presiden dan wakil presiden sebelumnya, batik biasanya digunakan dalam forum pertemuan dengan WNI atau malam-malam informal. Bila dalam perjalanan pulang dan pergi, lazimnya memakai setelan jas.

Mudah2an saja banyak negara-negara di dunia ini senang dengan Batik Indonesia..amiin 
yuuk mari jualan batik ke luar negeri.