Pantai Lakey, Bima-Dompu-Nusa Tenggara Barat Surganya Surfing



pantai lakey bima dompu nusa tenggara barat
Tahukah Anda, bahwa Pantai Lakey yang lokasinya berada di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu - Nusa Tenggara Barat pernah beberapa kali menjadi tempat kejuaraan surfing kelas dunia. Karena Pantai Lakey ini mempunyai ciri khasnya tersendiri yaitu yang terkenal dengan ombak kidal alias arah sapuan ombaknya dari arah kiri bukan kanan pada umumnya pantai-pantai yang ada serta didukung oleh angin laut yang relatif kencang dan juga ombak di Pantai Lakey ini memiliki kestabilan ombak sepanjang tahun. Inilah yang menjadi daya tarik dan menjadi buah bibir bagi para penggila peselancar di seluruh dunia. Puluhan peserta kompetisi ini biasanya datang dari berbagai belahan dunia dan juga Indonesia. 


Keunggulan wisata pantai yang ditawarkan oleh Pantai Lakey sebenarnya sudah dapat terlihat di pusat Kota Dompu, ditandai dengan adanya patung orang yang tengah berselancar. Bagi penggila selancar (surfing), ombak besar dan tinggi memang sangat dicari tetapi ombak di Pantai Lakey yang tidak terlalu tinggi (berkisar 6-8 meter saja) justeu jadi menantang ketika harus ditaklukkan dengan arah ombak kidal yang membutuhkan keahlian khusus. Wisatawan mancanegara sengaja datang jauh-jauh ke pantai di Selatan Pulau Sumbawa ini untuk menjajal keahlian berselancarnya.


Pantai Lakey memiliki empat jenis ombak yang disebut-sebut oleh para peselancarnya, yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Jenis yang paling menantang dan hebat untuk berselancar adalah Lakey Peak karena menyuguhkan tantangan ombak dari arah kiri maupun kanan; pada bagian kiri berbentuk terowongan panjang, sementara di bagian kanan berupa gulungan ombak yang sempurna untuk berselancar.
Dari pesisir pantainya yang berpasir putih, pemandangan lepas Pantai Lakey didominasi birunya hamparan air laut sebiru langit yang menaunginya. Suara debur ombak yang memecah menjadi media bagi para peselancar untuk menjajal kemampuannya. Jangankan untuk beratraksi di atas papannya, untuk melihat ketetampilan para peselancar ini saja sudah cukup menyenangkan.


Untuk Anda yang tidak ingin berbasah-basahan, bisa menikmati keindahan pantai dari atas perbukitan hijau yang mengelilinginya. Mendakilah ke atas bukit, dan Anda bisa melihat keindahan pesona Pantai Lakey dari ketinggian.

Sayangnya, keberadaan pantai ini belum banyak diketahui banyak orang, bahkan penduduk Indonesia sekalipun. Beberapa wisatawan yang datang pun berasal dari mancanegara, seperti Amerika dan Australia.

Kurang memadainya fasilitas yang ada di Pantai Lakey adalah salah satu faktor utama kurang diliriknya pantai ini. Jalan menuju pantai masih tampak kurang terawat dengan banyaknya sampah yang berserakan. Akomodasi yang memadai juga belum tersedia di sekitar pantai ini.

cheap flights and hotels
pesan hotels di dompu