Kejujuran Sumber Kemakmuran Sebuah Negara

 
Denmark, sebuah Negara di Eropa Barat, berbentuk Kerajaan yang dipimpin oleh Ratu Margrethe II sejak tahun 1972, dengan Perdana Menteri Helle Thorning Schmidt Sejak tahun 2011, dikenal sebagai negara paling nyaman untuk tempat tinggal bagi manusia di dunia, dengan pendapatan penduduk paling tinggi didunia, paling makmur didunia dan juga paling bersih didunia sehingga mendapat gelar “Negeri Dongeng”.
Tentu saja hal ini menjadi menarik untuk dikaji mengapa Negara Denmark bisa menjadi paling makmur didunia. Dugaan awal adalah bahwa hal itu disebabkan oleh tingkat pendidikan yang sangat baik, namun ternyata dugaan itu keliru, karena orang Denmark justru percaya yang menjadi penyebab dari negaranya menjadi termakmur, ternyaman dan teraman adalah karena masyarakatnya jujur. Orang Denmark percaya bahwa kejujuran bisa melahirkan segalanya, setiap manusia itu pintar, dengan kejujuran maka setiap kepintaran manusia akan menjadi manfaat bagi sesama dan seluruh negeri. Mereka yakin jika setiap aparat pemerintah jujur dan rakyatnya jujur, maka sebuah Negara bisa menjadi makmur tanpa perlu menjadi yang paling pintar di bidang pendidikan

Hal ini terbukti benar, karena Denmark masuk dalam salah satu Negara dengan tingkat korupsi nyaris nol, seperti juga di Finlandia dan New Zealand. Karena kejujuran itu pula akhirnya pendidikan di Negara ini menjadi lebih baik dan sangat maju. Jadi tidak salah jika dikatakan bahwa ketidak jujuran (mental korup), akan melahirkan bencana berantai dalam sebuah Negara.

Orang Denmark sangat yakin, bahwa kejujuran adalah awal dari semua kebaikan dan bukannya kepintaran. Kejujuran dan Etika Moral adalah Prioritas utama, sedangkan kepintaran dikembangkan kemudian, karena yakin bahwa setiap anak terlahir pintar. Disekolah mereka tidak terlalu pusing jika seorang anak belum bisa calistung saat masuk SD atau bahkan setelah sekolah SD, tapi kami sangat peduli jika seorang anak tidak jujur dan beretika buruk.

Kiranya, pantas kalau para pendidik di negeri kita terinspirasi oleh pendidikan di negeri Denmark ini dan memberikan kurikulum yang berisi Karakter, Perilaku dan Kejujuran sebagai landasan untuk membangun Indonesia yang kuat dan makmur.

Fakta-fakta Tentang Negara Denmark

Denmark adalah kerajaan kecil di Eropa utara yang hampir seluruh wilayahnya dikelilingi oleh air. Negara ini terdiri atas semenanjung dan 482 pulau-pulau terdekat. Semenanjungnya yang disebut Jutland, berbatasan langsung dengan Jerman sepanjang 68 kilometer. Greenland, di lepas pantai timur laut Kanada, adalah sebuah provinsi Denmark meskipun terletak 2.090 kilometer jauhnya. Kepulauan Faroe, utara Skotlandia, adalah bagian pemerintahan sendiri dari kerajaan Denmark. Denmark, bersama dengan Norwegia dan Swedia, merupakan salah satu dari negara-negara Skandinavia.

Lebih dari setengah orang Dane (orang Denmark) tinggal di pulau-pulau di dekat semenanjung. Kopenhagen, ibu kota dan kota terbesar di Denmark, terletak di pulau terbesar. Sekitar seperlima dari seluruh orang Dane tinggal di daerah Kopenhagen, yang merupakan pusat komersial dan ekonomi utama negara itu.

Denmark memiliki salah satu standar hidup tertinggi di dunia. Denmark telah mencapai kemakmuran meskipun tanah mereka miskin sumber daya alam. Negara ini menjual produknya ke negara-negara lain untuk membeli bahan bakar dan logam yang harus mereka impor untuk industri mereka.

Denmark terkenal dengan produksi mentega, keju, bacon, ham, dan makanan yang diproses lainnya. Negara ini juga dikenal dengan barang-barang pabrikan yang dirancang dengan indah. Denmark memproduksi elektronik, furnitur, dan barang-barang berkualitas tinggi lainnya. Sejak era Viking, orang Dane telah menjadi bangsa pelaut, dan Denmark masih dikenal sebagai bangsa perkapalan dan perikanan yang besar.

Denmark memiliki lahan pertanian hijau, danau biru, dan pesisir pantai putih. Tanah pertanian cenderung membentuk sekitar dua-pertiga wilayah negara ini. Di daerah pertanian, atap sebagian rumah terbuat dari ubin merah atau biru, atau jerami. Bangau, yang dipercaya orang Denmark membawa keberuntungan, membangun sarang pada beberapa atap rumah. Kastil dan kincir angin berdiri tegak di atas bukit-bukit. Pengunjung dapat menikmati pesona Denmark bahkan di kota-kota modern yang sibuk, dengan bangunan tua berwarna-warni dan jalan-jalan batu yang dirawat dengan baik

Ibukota: Copenhagen.

Bahasa resmi: Bahasa Denmark.

Nama Resmi: Kongeriget Danmark (Kerajaan Denmark).

Area: 43.094 km2. Jarak terjauh – timur-barat, 402 km; utara-selatan, 362 km. – Pantai 1.701 km.

Elevasi: tertinggi – Yding Skovhøj, 173 meter di atas permukaan laut. Terendah: Level laut di sepanjang pantai.

Populasi: Perkiraan – 5,639,000; kepadatan 131 per km2; distribusi, 87% di perkotaan, 13% di pedesaan. Estimasi pejabat pemerintah tahun 2013 – 5, 602628.

Produk utama: Pertanian – barley, daging sapi dan produk sapi perah, ayam, babi, kentang, lobak, bit gula, gandum. Perikanan – cod, herring, lobster, sprat. Manufaktur – elektronik, furnitur, mesin, produk kertas, obat-obatan, makanan olahan, kincir angin.

Hari libur nasional: Hari Konstitusi, 5 Juni.

Lagu kebangsaan: “Kong Christian stod ved højen mast” dan “Der er et yndigt land”

Mata uang: Danish krone. Seratus ore sama dengan satu krone.

Bentuk pemerintahan: Monarki konstitusional dengan Raja atau Ratu, perdana menteri dan kabinet, serta parlemen.

TiketPesawatPromo

 Mau Booking Tiket Pesawat dan Dapatkan Komisinya hanya disini : KLIK DISINI