Catatan Backpaker Jalan Jalan Tidak Harus Mahal

Hello travelers!
Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.
Setelah beberapa bulan vakum menulis blog *oke, tepatnya: satu tahun*, jalan-jalan ke beberapa tempat dan *agak* melupakan pentingnya berbagi pengalaman traveling, saya ingin berbagi sedikit mengenai resolusi awal tahun saya. Apa? Oh sekarang sudah bulan ke-empat ya? Ah tidak apa-apa, kan tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Ya kan? Ya dong.

Resolusi The Backpacker's Notes tahun 2013:
Menulis 1 artikel blog setiap bulan.

Yeay! Berarti saya masih ngutang 4 artikel untuk tahun ini.

Mohon dukungannya ya teman-teman, kalau saya sudah terlihat mulai malas menulis dan tidak menepati target, tolong diingatkan via twitter. Terimakasih sebelumnya.

Nah, sekarang saya mau apdet kabar terbaru dari The Backpacker's Notes.

Wuhuu, buku pertama The Backpacker's Notes telah terbit!
Beberapa bulan yang lalu, tepatnya tanggal 7 November 2012, Alhamdulillah buku pertama saya telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Judulnya "Backpacking 101: Kiat Praktis untuk Backpacker Pemula", yang beberapa isinya juga terinspirasi dari isi blog perjalanan The Backpacker's Notes ini.

Penjelasan singkat isi buku di sampul belakang:

    "BACKPACKING 101 ditulis berdasarkan ide bahwa jalan-jalan itu tidak identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Buku yang berawal dari blog ini secara khusus membahas bagaimana cara memulai untuk menjadi backpacker, apa yang mendasari seseorang untuk menjadi backpacker, dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan perjalanan backpacking.

    BACKPACKING 101 adalah tulisan seorang backpacker pemula untuk sesama backpacker pemula. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak."

Saya menulis buku ini untuk mendorong teman-teman yang ingin mencoba serunya backpacking, tapi belum berani memulai. Sebenarnya inti dari istilah backpacking atau independent traveling itu ya merencanakan perjalanan sendiri tanpa bantuan agen wisata.

Catatan: Bagi yang sudah punya bukunya, silahkan langsung ke SINI (atau langsung scroll ke paragraf akhir artikel ini). Ada souvenir seru yang bisa kamu dapatkan! -- Bagi yang belum punya bukunya, silahkan lanjutkan membaca. :D

Serunya dan Manfaat Backpacking
Kenapa backpacking atau independent traveling itu seru? Karena kamu terlibat semua proses perjalanan dari awal hingga akhir. Kamulah yang bertanggung jawab atas seru atau tidaknya perjalananmu sendiri. Jadi saat perjalanan berakhir, kamu akan merasa puas karena berhasil melewati semua proses tersebut. Meskipun misalnya perjalanan kamu tidak berlangsung selancar yang kamu rencanakan, tapi pasti ada rasa bangga yang muncul terhadap diri sendiri sepulang dari perjalanan.

Independent traveling secara tidak langsung melatih kepekaan, keahlian kepemimpinan, manajemen, keluwesan individu, dan banyak lagi manfaatnya. Saya sendiri dulu orangnya penakut, cengeng, dan agak introvert alias pemalu. Namun setelah beberapa lama melakukan perjalanan, sepertinya karakter saya agak berubah menjadi lebih spontan dan whatever will be will be. Feel the fear and do it anyway. Hahaha!

Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
Buku Backpacking 101 memuat banyak bahasan mengenai independent traveling yang selama ini saya pelajari sebagai backpacker pemula, baik dari pengalaman sendiri maupun pengalaman teman-teman traveler lainnya. Mulai dari istilah-istilah populer dalam dunia traveling, tips-tips merencanakan perjalanan, tips-tips menghemat biaya perjalanan, bagaimana mengatasi kendala selama traveling, hingga bagaimana menentukan destinasi wisata, dan sekilas cerita mengenai pengalaman backpacking pertama saya ke beberapa negara Asia Tenggara, semua saya rangkum di dalam satu buku kecil 200 halaman ini.

Backpacking 101 memang masih jauh dari kata sempurna, walaupun penulisannya berlangsung selama lebih dari satu tahun. Saya baru tahu, ternyata menulis buku itu mirip kayak nulis skripsi cuy! Suka mentok bingung mau tulis apalagi, apalagi bagi penulis awal pasti pengen bukunya jadi buku super sempurna. Jadi nggak kelar-kelar deh. Tapi untung selesai juga ya, berkat editor yang super sabar meladeni keinginan saya. Terimakasih untuk Mas Whindy, Mbak Wiwin, Wika, Bang Doel, dan Vira, para kru Elex Media yang telah membantu proses penulisan Backpacking 101 hingga launching buku. Oh! Tentunya terimakasih juga untuk Nita Darsono, orang yang bertanggungjawab atas kerennya semua ilustrasi di buku ini. :)

Harapan sederhana saya sih semoga dengan adanya buku ini, ada setidaknya satu pembaca yang tertular semangat untuk melakukan perjalanan backpacking pertamanya. Kamu, atau temanmu, mungkin?

Ulasan Buku Backpacking 101
Ingin tahu lebih lanjut tentang buku Backpacking 101 dari teman-teman yang sudah membaca sendiri? Berikut beberapa ulasan dari teman-teman traveler dan tweeps tentang Backpacking 101:
Beli di Mana? Berapa Harganya?
1) Toko Buku Gramedia seluruh Indonesia dan turunannya
Buku "Backpacking 101: Kiat Praktis untuk Backpacker Pemula" dapat ditemukan di seluruh Toko Buku Gramedia se-Indonesia dan turunannya, seharga Rp 34,800,-

2) Gramedia.com
Dapatkan diskon 10% apabila kamu memesan via online di Gramedia.com,  harga buku hanya Rp 31,320,- Cek di sini:
http://www.gramedia.com/book/detail/9786020034713/backpacking-101-kiat-praktis-untuk-backpacker-pemula

3) Kutukutubuku.com
Beli online di KutuKutuBuku malah lebih diskon lagi, jadi Rp 29,580,-
Coba cek: http://kutukutubuku.com/2008/open/34240/kkb
Sumber : backpacker-notes.com


Berikut ini beberapa website backpacker yang bisa dijadikan rujukan :
  • The Naked Traveler - Trinity sebagai salah seorang pencetus booming-nya buku catatan perjalanan di Indonesia ini memiliki blog catatan perjalanan yang sungguh naked, gaya tulisannya jujur dan santai namun disajikan secara menarik. Hal-hal kecil yang kadang luput dari perhatian kita saat traveling selalu berhasil ditulisnya menjadi rangkaian cerita yang seru.
  • Artson Travelpedia - Tulisan Kang Ocon sangat informatif, sesuai dengan judul blog-nya: Travelpedia. Berbagai macam informasi dan tips tentang backpacking bisa kita temui di sini. Very helpful! Kang Ocon, sang blogpacker ini sendiri memulai perjalanannya karena terinspirasi oleh kisah petualangan Tintin, tokoh wartawan asal Belgia ciptaan HergĂ© yang suka melancong ke seluruh penjuru dunia.
  • My Journey, by Agustinus Wibowo - Saya pertama kali tahu tentang Agustinus Wibowo dari salah satu artikel di Kompas yang meliput dirinya. Kesan pertama saya, "Wah keren banget, umur dua puluhan udah berani berpetualang sendirian ke tempat-tempat yang bukan daerah turis. Bisa banyak bahasa pula, hebattt!" Walau saya tidak terlalu mengikuti cerita petualangannya yang sempat rutin dimuat di Kompas, tapi dari beberapa artikel yang saya baca, petualangan Agustinus Wibowo ini tampaknya seru-seru banget dan selalu mengulas secara dalam tentang budaya serta gaya hidup penduduk negara yang pernah disinggahinya. Blognya sendiri penuh dengan kumpulan artikel dari berbagai media yang pernah ditulisnya juga meliput dirinya. Lumayan kan buat baca-baca gratis, hehehe...
  • hifatlobrain 2.0 - Blog ini mendeskripsikan dirinya sebagai "...bukanlah travel guide, jadi sangat susah bagi Anda untuk menemukan entry seperti How To Get There, Where To Stay dan Where To Eat untuk sebuah destinasi. Yang kami tawarkan adalah sebuah Travel Experience, sebuah cara pandang baru bagi para pecinta jejalan."

    Yup, membaca blog ini memang seperti melihat sebuah destinasi dengan sudut pandang berbeda. Hifatlobrain 2.0 dikelola oleh tiga orang anak muda yang suka jalan-jalan dan menulis. Saya sendiri salut dengan gaya serta struktur tulisan mereka yang amat rapi dan teratur (yang cukup jarang ditemukan dalam sebuah blog). Beberapa tulisan di blog ini pun sudah pernah pula diterbitkan di media cetak, seperti Travelounge dan Rolling Stone Indonesia. Oh ya, kadang-kadang hifatlobrain 2.0 ini memberikan eBook gratis! Wuhuu! Saya suka eBook gratis! :D
  • Ransel Kecil - Yang paling saya suka pada travel blog yang cukup terbilang baru ini (ternyata seumuran dengan TBN!) adalah desain website-nya! Rapi, bersih, dan warna-warni. Tata letaknya juga enak untuk dibaca.

    Ransel Kecil adalah blog kolaboratif yang mengupas seluk beluk perjalanan independen (alias tanpa menggunakan jasa biro wisata). Sesuai dengan konsep awalnya, Ransel Kecil menerima sumbangan artikel dari pembacanya, jadi hayuk mari-mari menyumbangkan tulisan tentang jalan-jalan. :)
  • Backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
    Klik di sini untuk mendaftar!

  • TravelmateKamu.com hadir lebih dari sekedar teman perjalananmu. Kami memberikan informasi seputar dunia traveling berbasis online mulai dari destinasi, artikel, tips & tricks, event, bahkan travel stories yang dikemas dengan menarik.
    TravelmateKamu.com didirikan sejak Desember 2012 dengan model travel organizer kegiatan traveling ke berbagai destinasi ke segala penjuru di Indonesia. Sedangkan bisnis media TravelmateKamu.com berdiri setahun kemudian di bawah PT Inspirasi Karya Digital, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan IT, hadir dengan kemasan yang lebih inovatif menjawab kebutuhan dalam dunia traveling. 
    world tour booking flights and hotels
    Travel Indonesian
    Bisnis Tiket Pesawat Di Rumah