Kumpulan MMORPG Terbaru 2014 Yang Wajib Ditunggu

Tidak terasa akhir tahun 2013 sudah di depan mata. Kalau diingat-ingat, sepertinya tahun ini industri game MMORPG cukup mengecewakan. Tidak banyak MMORPG yang dirilis yang cukup menarik. Neverwinter Online, Firefall, dan Dragons & Emperors Online adalah MMORPG baru yang saya anggap cukup baik, dan sebenarnya tiga adalah jumlah yang sangat sedikit bagi saya.
Tapi setidaknya tahun depan akan menjadi tahun yang lebih menyenangkan untuk para fans MMORPG, berkat banyaknya jumlah MMORPG yang sudah diumumkan akan dirilis pada tahun 2014. Berikut daftar MMORPG yang akan datang yang wajib kamu mainkan saat rilis nanti!


Wildstar adalah sebuah MMORPG dengan konsep yang unik dalam segala aspek, mulai dari aktivitasnya, sistem pertarungannya, sistem profession, sampai ke presentasinya. Wildstar menggunakan desain grafis yang membuat saya teringat pada film-film animasi 3D seperti Despicable Me dan Entangled. Wildstar menjanjikan gameplay yang seru dan fast-paced, dimana sepanjang pertarungan musuh akan mengeluarkan “proyeksi” arah serangan yang dapat kamu hindari sebelum serangan tersebut dilakukan.
Wildstar memiliki konsep menarik dimana kamu bisa memilih satu dari empat “profesi” yang akan menentukan seperti apa questmu. Sebagai contoh, explorer akan mendapatkan quest yang berfokus pada balapan lari dan mencapai tempat-tempat unik yang sulit dijangkau, sementara soldier akan mendapatkan quest untuk melawan monster-monster berbahaya yang jauh lebih sulit dari monster biasa.
Wildstar juga memiliki sistem rumah yang sepertinya sangat seru. Saat ini sudah banyak sekali game MMORPG yang memungkinkanmu untuk memiliki rumah, tapi di Wildstar kamu tidak hanya akan memiliki sebuah rumah, tapi sebuah PULAU! Yap, setiap pemain akan memiliki sebuah pulau mini yang bebas didekorasi. Selain itu, Wildstar Online juga memiliki sistem dekorasi yang kompleks dimana kamu bebas meletakkan furnitur secara bebas. Saat ini menurut saya Wildstar memiliki kesempatan besar untuk menjadi MMORPG terbaik dan teramai di tahun 2014.

Apakah MMORPG ini gratis? Kemungkinan besar pertanyaan ini sudah muncul di benakmu saat ini, dan sayangnya MMORPG ini berbayar. Kamu harus membeli game ini (yang saat ini dipatok dengan harga $59.99 atau sekitar 730 ribu rupiah, sudah termasuk dengan langganan satu bulan) dan masih juga harus membayar biaya berlanggan $14.99 atau sekitar 180 ribu rupiah setiap bulannya.
Namun, dalam game ini kamu bisa bekerja keras untuk bisa membeli C.R.E.D.D, yaitu sebuah item in-game yang akan memperpanjang waktu langgananmu selama sebulan saat digunakan. C.R.E.D.D disini dapat kamu beli dari pemain lain yang menjualnya menggunakan uang in-game, jadi jika kamu rajin mengumpulkan uang di dalam game, bisa saja kamu tidak perlu membayar sama sekali biaya langganan dan hanya mengeluarkan uang untuk membeli gamenya saja!