Review Travel Raja Ampat dari Rumah Travel

Travel Raja Ampat - Papua Barat - Indonesia - RumahTravel.Net ini menawarkan PAKET ADVENTURE RAJA AMPAT 5 Hari 4 Malam. Main Air di Taman Laut Terbesar. Teks & foto: Arnov Setyanto. Nama Raja Ampat seketika meroket. Objek wisata bahari itu nyatanya sudah terkenal di seantero Indonesia, bahkan dunia. Banyak orang berjanji untuk datang ke sana demi sebuah “pencapaian hidup”. Belum lengkap rasanya menjadi seorang traveller bilatak menginjak Indonesia bagian timur itu.

Lokasinya termasuk salah satu yang menjadi favorit para diver dari seluruh dunia untuk menaklukkan keindahan bawah lautnya. Selain itu, gugusan kepulauan yang melingkari Raja Ampat juga menawarkan panorama alam yang sangat indah.
Raja Ampat merupakan kabupaten baru yang memisahkan diri dari Kabupaten Sorong. Berdiri sejak 2003, Raja Ampat memiliki 610 pulau yang tersebar di area seluas 46.296 km². Dari sekian banyak pulau yang ada, hanya 35 pulau yang berpenghuni; sebagian lagi bahkan belum memiliki nama. Namun, yang paling dikenal di antara pulau-pulau itu adalah empat pulau yang paling besar, yaitu Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. 




Catatan sejarah mencatat pada abad ke-16, keempat pulau terbesar tersebut memiliki kerajaan masing-masing. Karena itulah muncul istilah four kings atau Raja Ampat digunakan sebagai nama lokasi itu.
Menurut survey The Nature Conservancy, Kepulauan Raja Ampat terletak di pusat karang segitiga dunia; tempat 75 persen spesies karang dunia menetap. Selain itu, terdapat juga 1000 lebih jenis ikan sehingga ada yang mengatakan bahwa Raja Ampat adalah ibukota ikan dunia.

Hanya dengan menyisakan 6.000 km² untuk daratan, tidak bisa disanggah bahwa Kepulauan Raja Ampat adalah taman laut terbesar di Indonesia. Kegiatan utama yang bisa dilakukan adalah snorkeling dan diving.
Bahkan, Raja Ampat dinobatkan sebagai satu dari sepuluh lokasi diving terbaik di dunia. Raja Ampat menawarkan panorama alam seperti hamparan laut biru yang berpadu dengan keindahan langit dan taburan pasir putih yang memancarkan kilaunya bagai mutiara. Selain itu, masih ada gugusan pulau yang mempesona serta flora dan fauna yang unik, seperti cenderawasih merah, cenderawasih wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis bunga anggrek. Semua dapat Anda temukan di Raja Ampat.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di Raja Ampat, tersedia penerbangan dari Jakarta atau Bali menuju Sorong dengan transit terlebih dahulu di Makassar atau Manado. Sangat disarankan Anda menggunakan jasa agen perjalanan selama di Raja Ampat untuk mempermudah wisata Anda. Juga sangat dianjurkan untuk datang dengan rombongan 15 sampai 20 orang agar bisa menekan biaya yang memang sangat mahal jika berkunjung ke Raja Ampat.

Setelah tiba di Sorong, sudah ada kapal yang akan membawa Anda menuju Waisai di Pulau Waigeo yang merupakan ibukota Kabupaten Raja Ampat. Perjalanan dari Sorong menuju Waisai menempuh jarak tiga sampai empat jam. Para penduduk Raja Ampat terkenal akan keramahannya. Ketika tiba di salah satu dermaga pulau, Anda akan disambut dengan tarian tradisional sebagai bentuk penghargaan warga Raja Ampat terhadap tamu yang datang. Seperti yang telah dikatakan, banyak sekali titik diving yang ada di Raja Ampat. Banyak resort juga telah tersedia di pulau-pulau kecil selain empat pulau utama. Resortresort itu bermunculan seiring
dengan banyaknya diver yang ingin menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat. Kini, tak perlu lagi repot membawa berbagai perlengkapan menyelam karena sudah tersedia penyewaan alat-alat menyelam yang lengkap. Namun, bagi Anda yang datang hanya untuk memanjakan mata, sangat diwajibkan untuk menyambangi Wayag.
Wayag adalah nama daerah di distrik Waigeo Barat, Raja Ampat yang menawarkan pemandangan fantastis puncak pulau-pulau karst (karang) yang muncul di atas permukaan laut. Setidaknya, ada puluhan pulau karst yang berbentuk seperti cendawan berpadu dengan air laut yang jernih. Salah satu pulau yang wajib didatangi saat di Wayag adalah Pulau Karang.
Dari puncak Pulau Karang, Anda bisa menyaksikan keindahan Wayag seutuhnya. Butuh waktu 30 menit untuk sampai di puncak Pulau Karang, tetapi segala jerih dan upaya akan terbayar lunas, bahkan lebih. Butuh waktu enam sampai delapan jam menggunakan long boat dari Waisai menuju Wayag. Namun, di sepanjang jalan, Anda bisa menikmati panorama biota laut, seperti karang merah yang terlihat jelas dari permukaan laut.
Biaya perjalanannya yang besar akan terbayar tuntas ketika sudah menginjakkan kaki di Raja Ampat. Bagi Anda yang suka berpetualang yang sedikit menantang, Raja Ampat layak untuk jelajahi. Halong Bay di Vietnam takkan bisa menandingi keindahan Raja Ampat.

Kekayaan Laut Terbesar di Dunia Ada di Raja Ampat

Raja Ampat di Papua Barat jadi sorotan wisatawan domestik dan mancanegara. Keindahan alamnya luar biasa, kekayaan baharinya tak bisa dipandang sebelah mata. Ya, Raja Ampat punya kekayaan laut terbesar di dunia.

Yayasan Kalibia Indonesia mengungkapkan, hanya ada 1 tempat di dunia yang jadi pusat keanekaragaman hayati laut, yang bisa tumbuh dan berkembang secara sempurna. Keistimewaan ini menjadikan tempat tersebut satu-satunya wilayah perairan di dunia yang kaya dengan keanekaragaman biota lautnya. Di manakah tempat itu?

“Raja Ampat,” tutur Pembantu Umum Yayasan Kalibia Indonesia, Ketut Sarjana Putera saat ditemui detikTravel di Kantor Pusat Pelindo II Jakarta, Rabu (14/11/2012). 
 Raja Ampat, lanjut Ketut, punya semua keistimewaan yang menjadikan wilayah lautnya sebagai yang terkaya di dunia. Di kawasan laut Raja Ampat terdapat 500 spesies karang, 1.700 spesies moluska, dan 1.500 jenis ikan. Tak sampai di situ, Raja Ampat juga punya satu keistimewaan lain.

“Setiap karang yang baru tumbuh, bisa menghadirkan spesies baru. Ini yang tidak di dapat dari wilayah laut lain yang ada di dunia,” tambahnya. 
Ketut menambahkan, sudah jadi keharusan pemerintah untuk mempertahankan dan menjaga kelestarian Raja Ampat. Salah satu caranya adalah dengan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) agar warga Raja Ampat memahami kekayaan tersebut.
“Membangun pemahaman penduduk sekitar Raja Ampat itu penting tentang bagaimana mereka menjaga agar wilayah ini tetap asri dan berkelanjutan,” pungkasnya.


Raja Ampat, Representasi Pesona Alam Papua Barat

Raja Ampat, Representasi Pesona Alam Papua Barat

Kekayaan kehidupan laut dan khazanah alam di kawasan Papua Barat yang selama bertahun-tahun belum terjamah oleh kalangan wisatawan, akhirnya menjadi permata bagi industri pariwisata dan turisme di Indonesia dan bahkan dunia.

Saat sesorang bercerita tentang kunjungan ke Raja Ampat, langsung terbayang nama eksotis yang sekarang telah menjadi sinonim sebuah kawasan surga tropis terbaik yang bakal membuat setiap orang akan berdecak kagum atas keindahan alam yang dimilikinya. 

Meski begitu, pesonan dan keindahan Papua Barat tak hanya diwakili oleh Raja Ampat semata. Masih banyak lagi kekayaan alam dan budaya yang menunggu untuk ditemukan oleh kalangan wisatawan.
Meski akses dan akomodasi yang ada di wilayah ini masih sangat terbatas, beragam pulau besar kecil yang dimiliki salah satu propinsi termuda di Indonesia ini menjadikannya salah satu surga untuk berlayar.

Berpenduduk kurang dari satu juta jiwa, Papua Barat hanya memiliki beberapa kota yang tersebar di berbagai penjurunya. Ibukota propinsi Manokwari ukurannya memang kecil tetapi memiliki cukup banyak pilihan penginapan dan merupakan titik terbaik untuk menjelajahi kawasan Teluk Cendrawasih.
Sementara itu Fakfak, dalam bahasa setempat artinya kulit buah pala, adalah sebuah kota pantai kecil buatan Belanda tempat beberapa perusahaan minyak besar berpusat.

Kota ini memiliki panorama mengarah Laut Seram yang tak akan terlupakan. Bintuni, kota kecil dipinggir pantai lainnya terkenal dengan kepiting raksasa dan bird watching. Sorong -kota paling timur di Papua- termashyur sebagai gerbang menuju atraksi terbesar propinsi ini: Kepulauan Raja Ampat. 

Batanta, Misool, Salawati, dan Waigeo adalah empat pulau terbesar dari gugusan kepulauan Raja Ampat. Terpencil di bagian timur Indonesia, taman laut terbesar di negara ini memiliki terumbu karang yang sangat beragam dan lansekap cantik yang membuatnya dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban baru dunia oleh majalah mingguan Newsweek tahun 2006 lalu.

Kekayaan alam segitiga koral ini bahkan menarik acara televisi Survivor (Perancis) untuk membuat beberapa episodenya disini. Sebagian mungkin beruntung untuk dapat tinggal di Misool Eco Resort yang sangat ekslusif, tetapi menurut kami tinggal diatas kapal (live-aboard) adalah cara terbaik untuk menjelajahi berbagai sudut kepulauan Raja Ampat yang penuh pesona.

Tidak cukup sampai disini karena masih banyak lagi yang dapat ditelusuri di propinsi Papua Barat. Teluk Cendrawasih yang ada di lepas pantai kota Manokwari, merupakan habitat bagi lebih dari 500 spesies koral dan hampir 1000 jenis ikan ini adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia dimana kalangan wisatawan dapat bertemu dengan ikan paus hiu sepanjang tahun.

Tidak hanya satu atau dua, turis yang beruntung dapat berenang bersama empat atau lebih ikan berukuran raksasa ini. Ditambah dengan beragam ikan, koral dan nudibranch berbagai ukuran dan bentuk yang berwarna warni, semuanya dapat ditemukan dengan mudah diberbagai penjuru teluk yang juga kaya akan reruntuhan kapal perang peninggalan Perang Dunia II.

Untuk yang tidak dapat menyelam, keindahan bawah laut kawasan ini juga dapat dinikmati dengan snorkeling. Karena areanya sangat luas, seminggu pun tidak akan cukup untuk mengunjungi semua situs terbaik di Teluk Cendrawasih.

Masih ada lagi kekayaan alam Papua Barat yang belum banyak dijelajahi, seperti Teluk Triton dekat Kaimana tempat penyu bertelur, Pegunungan Arfak yang kerap disambangi pecinta burung eksotis, hingga pantai-pantai cantik diseputar pulau Rumberpon.

Selain alam, budaya masyarakatnya pun menarik untuk dipelajari. Suku Doreri dekat Manokwari misalnya, memiliki tradisi Mansorandak. Ini adalah sebuah upacara khusus untuk menyambut sanak saudara yang baru pulang setelah bertahun-tahun merantau. Lain halnya dengan suku Arfak yang cukup dikenal karena keahliannya dalam membuat rumah atau bangunan ramah lingkungan.
Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan tiket dan temukan hal-hal menarik di Papua Barat.

 

Kantor Baru Kami Kini
Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 70a Jakarta Selatan 12820

Phone . +62 21 36771661

HP. +62 813.1747.2747

Email: marketing@rumahtravel.net / rumahtravel@gmail.com


Start point :Bandara Udara, Sorong
Akomodasi : Resort, Hotel
Transportasi : Speedboat (dari Sorong-Raja Ampat)
Rute : Sorong – Waisai – Mansuar – Cendrawasih – Arborek – Wayag – Sorong
Tanggal Tour : (silahkan menghubungi kami)
Kuota max : 8 Orang

Kegiatan :
  • Snorkeling dan berenang, hunting foto
  • Pendakian bukit karts at wayag
  • Wisata kuliner dan budaya
  • Bird watching
  • Dive* (optional)

Itinerary :
Day 1 Jakarta – Sorong – Raja Ampat – Penginapan.
Tiba di sorong anda akan dijemput, perjalanan dilanjutkan ke Waisai, Raja Ampat
dan menuju Penginapan untuk Check In, menikmati udara dan suasana
Raja Ampat yang asri dan bermalam.

Day 2 Mansuar – Cendrawasih – Arborek
  • Pagi-pagi sekali rombongan akan dibawa untuk menyaksikan kelincahan burung cendrawasih, burung yang menjadi maskot papua, dihabitat aslinya.
  • Kemudian kita akan mengunjungi kampung wisata di Arborek, Anda akan melihat air laut biru jernih membuat ikan-ikan laut yang berwarna-warni dan karang-karang cantik akan terlihat sangat jelas.
  • Pantai di Arborek pun sangat indah, dengan pasir putih halus yg menghampar di sepanjang pantai hingga ke halaman-halaman rumah penduduknya.
  • Di Arborek ini terdapat Manta point, yaitu titik penyelaman dimana kita bisa menjumpai Manta Ray atau pari Manta yang juga merupakan salah satu ikon dari raja ampat.

Day 3 Kepulauan Wayag
  • Pagi-pagi sekali setelah sarapan kita akan langsung melakukan perjalanan menuju ke wayag icon raja ampat. Anda akan diajak bertemu dengan petugas pos CI (Conservation Internasional) mendapat penjelasan dan berdiskusi sebelum melanjutkan perjalanan mendaki bukit karts. Dikepulauan Wayag anda akan melihat pemandangan Kepulauan Wayag sangat exotic dan unique serta menakjubkan. And snorkeling at wayag, ekspresikan diri anda dengan kamera, karena seharian kegiatan kita habiskan dengan snorkeling dan berenang di pulau yang cantik ini.

Day 4 Waisai – Sorong
  • Menikmati suasana Raja Ampat di pagi hari dan anda juga dapat snorkeling di depan penginapan dimana penginapan ini memiliki pantai yang sangat indah beserta pasir putihnya yang lembut dan memukau, Siang hari kita kembali ke sorong dan Check in di Hotel dilanjutkan Hunting oleh-oleh dan Wisata Kuliner di Sorong.

Day 5 Sorong – Jakarta
  • Bangun pagi, menikmati hari terakhir dikota sorong J, setelah sarapan, Check out dan anda akan diantar ke bandara dan kembali pulang ke Jakarta atau kota tujuan anda.
  • FREE : 1 Set Alat Snorkeling (Kacamata + Snorkel) + Tshirt Exclusive Raja Ampat

Sudah termasuk :
  • Tiket Pesawat Xpress Air dari jakarta (full service, direct dan dapat makan)
  • Keliling Raja Ampat menggunakan Speedboat
  • Pin Raja Ampat (berlaku pertahun)
  • Ijin masuk kawasan/ donasi local
  • Transportasi selama di Sorong
  • 3 Malam penginapan AC Raja Ampat
  • 1 Malam di Hotel & Resort Sorong
  • Makan selama trip (3x Sehari)
  • Asuransi
  • Guide from sorong.

Salam Travelling,
Tina

Booking To Raja Ampat Contact Me





world tour booking flights and hotels
Travel Indonesian
Bisnis Tiket Pesawat Di Rumah