Anak Anak Yang Menginspirasi Dunia

Pulau bernama Koh Panyee itu dua tahun terakhir menginspirasi dunia setelah sebuah bank mengangkat kisah inspiratif anak-anak kampung nelayan tersebut membangun klub sepakbola terkuat di Thailand Selatan. Bagaimana mungkin anak-anak yang setiap saat hanya bertemu laut bisa memiliki tim sepakbola yang kuat.

Kisah sukses itu diawali tahun 1986 ketika sekelompok anak kampung Koh Panyee asyik menonton siaran langsung Piala Dunia. Setelah bersorak-sorai menyaksikan jagoan mereka, seorang anak di antaranya mengajukan ide membentuk tim sepakbola.
Namun baru selangkah keluar dari balai tempat menonton televisi, seorang tetangga dewasa menertawakan idenya. “Mau latihan di mana? Di sini semua laut!” ujarnya.

Terpukul dengan keadaan itu mereka nyaris putus asa. Ambisi besar menjadi pemain bola harus pupus karena tak memiliki lahan untuk bermain bola. Tiba-tiba saja ada anak yang mengajukan ide yang nyeleneh. “Bagaimana kalau kita bangun lapangan bola mengapung?” Ternyata serempak mereka setuju. Beberapa saat kemudian anak-anak itu bergotong royong membangun lapangan bola apung dari kayu.

Ukurannya kurang dari separuh lapangan sepakbola sesungguhnya. Tetapi itu telah melipatgandakan semangat anak-anak tersebut untuk berlatih bermain bola. Mulailah mereka berlatih secara otodidak dengan mengacu pada pertandingan sepakbola yang ditonton di televisi. Mereka bermain tanpa beralas kaki. Bukan di lapangan rumput tapi di atas lapangan papan. Hingga suatu kali seorang anak yang baru pulang dari daratan Thailand mengabarkan ada kompetisi sepakbola anak-anak. Mereka pun sepakat akan ikut serta.

Ketika tiba waktunya bertanding mereka awalnya minder. Namun akhirnya pertandingan demi pertandingan bisa mereka lewati hingga mampu menjadi juara tiga. Prestasi itu sudah luar biasa bagi tim debutan. Karena prestasi itu maka berdatanganlah bantuan untuk membuat lapangan apung lebih baik. Setelah lapangan jadi mereka membentuk klub sepakbola Panyee FC. Klub ini kemudian menjadi terkenal di Thailand selatan dengan selalu meraih juara sejak tahun 2004.

Lalu apa hubungannya dengan Indonesia? Anak-anak itu ternyata keturunan Indonesia. Sekitar akhir abad ke-18 dua keluarga Jawa tiba di pulau itu. Mereka kemudian membangun rumah. Lama-kelamaan keluarga itu berkembang hingga kini membentuk komunitas besar dengan 1600-an anggota keluarga. Sampai akhirnya lahir Panyee FC itu yang menginspirasi dunia. Dalam video pendek yang dipersembahkan oleh TMB bank itu, ada kata-kata menarik yang menunjukkan semangat anak-anak di Panyee FC: “Whatever challenges you face in life, if you think you can make a difference, we say you can.” Apa pun tantangan yang kamu hadapi dalam hidup, jika kamu pikir kamu mampu melakukan sesuatu yang beda, kami katakan kamu pasti bisa. Karena itu tak perlu menyerah pada keadaan. Think different! Solusi pasti datang. Sumber : Andrie Wongso

Supported by :
http://sambatampa.com/