Teori Keseimbangan Yin Yang

Teori keseimbangan Yin Yang merupakan falsafah atau landasan ilmu akupuntur dan akupresur. kedua unsur tersebut harus seimbang karena terkait dengan kesehatan tubuh. Keadaan unsur Yin Yang  yang seimbang di dalam tubuh dapat membuat tubuh orang yang bersangkutan menjadi sheat. Sebaliknya, unsur Yin Yang yang tidak seimbang akan membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. berikut ini contoh umum mengenai konsep unsur Yin dan Yang.




1. Alam Semesta
 Unsur Yang : matahari, siang, api, panas, kering, bagian luar, bergerak ke atas, timur, dan utara.
Unsur Yin : bula, malam, air, dingin, basah, bagian dalam, bergerak ke bawah darat, dan selatan

2. Tubuh Manusia
Unsur Yang : laki-laki, pinggang, mental, punggung, dan permukaan luar tubuh
Unsur Yin : perempuan, perut, fisik, dada, dan permukaan dalam tubuh.

3. Organ Tubuh
Unsur Yang : semua organ tubuh yang berongga, seperti usus besar, usus kecil, lambung, kandungan kemih, tri pemanas, dan katung empedu
Unsur Yin : semua organ tubuh yang padat, seperti paru-paru, limpa/pankreas, jantung, ginjal, selaput jantung, dan hati.

4. Gejala Penyakit
Unsur Yang : akut (mendadak), gelisah, panas, baru, dan kering
Unsur Yin : kronis (menahun), tenang, dingin, lama, dan basah
5. Perjalanan Penyakit
Unsur Yang : membaik (proses kesembuhan)
Unsur Yin : memburuk (keadaan sakitnya)

Sebagai dasar dari ilmu akupresur dan pijat refleksi, ilmu akupuntur juga digunakan untuk mengidentifikasi penyebab penyakit. Menurut ilmu akupuntur penyebab suatu penyakit dapat digolongkan menjadi dua, yaitu penyakit yang didisebabkan oleh faktor dari luar tubuh dan faktor dari dalam tubuh.
 
1. Faktor Luar Tubuh
faktor-faktor penyebab penyakit yang berasal dari luar tubuh adalah keadaan iklim atau udara di sekitar lingkungan penderita, seperti angin, dinign, panas, lembab, kering, dan api.
2. Faktor Dalam Tubuh
faktor penyebab penyakit dari dalam tubuh berupa emosi atau keadaan psikologis yang abnormal, seperti marah, sedih, gembira, kaget, takut, berpikir, dan khawatir.