Kuliner Durian Bukit Bintang


Durian adalah buah dari tumbuhan yang termasuk dalam genus Durio dan family Malyaceae. Buah ini telah dikenal dan dikonsumsi di kawasan Asia Tenggara sejak masa prasejarah. Dunia barat baru mengenalnya sekitar tahun 600 silam. Rujukan tertua tentang buah ini oleh orang Eropa adalah dari catatan Nicolo Da Conti, yang berkelana ke Asia Tenggara pada abada ke 15



Legitnya Durian di Changkat Bukit Bintang
Dengan aroma yang tajam dan rasa yang khas, buah durian selalu menjatuhkan lidah banyak orang. Jenis dan ukurannya beragam dan tak hanya dijual di inggir jalan. Supermarket, durian ditawarkan dalam kemasan plastik yang praktis agar kita tak repot berjibaku dengan duri kulitnya yang tajam. Di Indonesia, durian jenis montong banyak memenuhi pasar buah. Dengan daging yang tenal dan ukuran yang lebih besar, durian ini nyaris menyisihkan durian-durian lokal yang banyak ditanam oleh petani durian di Yogyakarta, Purwerejo, Lampung, Medan, dan kota-kota lainnya.

Changkat Bukit Bintang
Durian juga menjadi buah favorit masyarakat Negeri Jiran. Di jalan Changkat Bukit Bintang, Kuala Lumpur - Malaysia, misalnya, terdapat beberapa penjaja durian yang membuka lapaknya sekitar pukul  3 sore hingga pukul 1 dini hari.
Namun, menurut Asuun (70), salah satu penjual durian lokal yang berasal dari daerah Pahang. itu merupakan salah satu negara bagian terbesar di Malaysia masih banyak terdapat hutan.
Asuun yang sudah berlangsung durian sejak 35 tahun sialm, mengatakan, durian lokal Malaysia dibagi atas beberapa kualitas. "Kualitas pertama, namanya durian Mau San Wong, satu kilogram harganya 42 ringgit. Kualitas kedua adalah durian Sultan, sekilo harganya 28 ringgit. Kualitas yang lain ada durian Raja Bunye - Teka dan D24.

Relatif Kecil
Buah Durian yang dijajakan oleh para pedagang di Changkat Bukit Bintang umumnya berukuran relatif kecil. Namun, yang menarik adalah daging buahnya yang tebal dengan biji buah yang kecil dan tipis. Rasa dan aromanya minta ampun, manis dan amat harum, legit sekali.
Di lapaknya Asuun menyediakan beberapa meja dan kursi. Setiap malam, terutama akhir pekan, banyak penikmat durian duduk santai hingga berjam-jam. Mereka tak hanya membelah sebutir dua butir durian, tetapi bisa emapat hingga enak butir durian.
Pembeli yang datang tinggal duduk dan tak perlu memilih-milih buah durian lagi, cukup mengatakan kualitas yang diinginkan. Anak buah Asuun langsung datang membawakan durian yang dipesan dan membelahnya di hadapan pembeli. Dijamin, rasanya sesuai keinginan. Pembeli yang berminat bisa menawar harganya terlebih dahulu.

Wisatawan Indonesia
Bukit Bintang menjadi salah satu daerah di Kuala Lumpur yang banyak disinggahi turis. Di sini banyak terdapat penginapan mulai dari hotel kelas melati sampai bintang empat yang siap menyapa wisatawan yang gemar berbelanja.
Wisatawan Indonesia termasuk yang cukup banyak datang ke Bukit Bintang. Terlebih sejak beberapa maskapai penerbangan murah terbang langsung dari beberapa kota di Indonesia menuju Kuala Lumpur. Pada malam hari, wisatawan Indonesia itu banyak yang menghabiskan waktu di lapak-lapak penjual durian/duren.

world tour booking flights and hotels
Travel Indonesian
Bisnis Tiket Pesawat Di Rumah