Wisata Kuliner Mengecap Sedap Cakalang Asap

Manado, Sulawesi Utara, selain menarik dari sisi kehidupan sosial dan ekonominya, menawarkan rasa ingin tahu tentang kegiatan pariwisatanya. Pariwisata Manado tengah digarap serius menjadi salah satu tulang punggung untuk menegakkan pundi pundi ekonomi

Gubernur Sulaweis Utara SH Sarundajang pernah mengatakan, provinsi yang dipimpinnya terletak jauh di bagian utara Indonesia. Hal itu membuat Pemprov Sulut harus menyusun strategi agar wisatawan domestik dan mancanegara mau datang dan mengenal Sulut. "Kita harus membuat 'acara yang murah', tapi dampaknya luas. Maka kita buat World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Initiative (CTI) Summit, dan Sail Bunaken. Ketiga agenda international itu mampu mendatangkan ribuan warga mancanegara, "terang Sarundajang.

Nah, bagian dari pariwisata manado yang mengundang rasa penasaran adalah keragaman kulinernya Meski jenis kudapannya beragam, sebagaian besar bahannya adalah hasil laut, seperti ikan, udang, kerang, dan cumi-cumi. Di kota ini, kita dapat pula dengan mudah menjumpai penjual ikan cakalang fufu, nama lain ikan cakalang asap yang amat khas.

Ikan cakalang (Katsuonus pelamis) merupakan ikan berukuran sedang dari familia Scombridae (tuna). Cakalang dan tuna menjadi komoditas laut yang diandalkan Pemrov Slut. Selain karena amat banyak tersedia di perairan Sulut, nelayan Sulut dikenal cakap dalam menangkap ikan kedua jenis ikan yang sering hidup bergerombol ini. Para nelayan atau pengasap ikan memanfaatkan tempurung dan daun kelapa sebagai bahan bara untuk mengasapi ikan cakalang. Setelah diasapi, seekor ikan cakalang dibelah menjadi dua bagian dan disatukan kembali dengan sebilah bambu., Setelah diasapi, bentuk ikan cakalang akan melengkung.


 Ikan Cakalang Fufu (Ikan Cakalang Asap) dapat dinikmati dengan cara digoreng kering, vditumis dengan kangkung, dicincang dan ditaburkan di atas mi kuah atau dicincang dan dipendam dalam nasi goreng.
Di Manado, ikan cakalang fufu biasanya disantap bersama semangkuk bubur Manado (tinutuan panas).