Iklan di Facebook Pakai Video

Jejaring Sosial Facebook semakin gencar menjual iklan. Setelah sukses menyediakan tempat beriklan berbasis teks dan gambar, Facebook akan segera menjual iklan video di bulan ini, menurut sumber yang dekat dengan rencana.

The Wall Street Journal melaporkan, iklan video akan ditempatkan pada lini massa akun pengguna, baik di perangkat mobile maupun komputer pribadi. Iklan video akan bermain secara otomatis, sekalipun pengguna mematikan volume suara. Jadi bersiaplah, bisa jadi iklan-iklan tersebut akan
mengagetkan Anda.
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
Belum diketahui berapa banyak perusahaan atau organsasi yang niat memasang iklan video di Facebook. Yang jelas, langkah ini diprediksi akan merebut kue iklan media televisi di masa depan.

Rencana Facebook membuka lapak untuk iklan video telah beredar sejak Agustus 2013, durasinya ditawarkan adalah 15 detik. Belum diketahui berapa harga yang ditetapkan Facebook untuk sebuah iklan video.

Pekan lalu, beberapa pengguna Facebook melaporkan telah melihat iklan video yang bermain secara otomatis. Besar kemungkinan, Facebook sedang menguji teknologi iklan videonya tersebut.

Pada kuartal dua tahun 2013, jejaring sosial internet terbesar ini membukukan pendapatan sebesar 1.813 miliar dollar AS, dengan laba bersih sebesar 333 juta dollar AS. Kontribusi terbesarnya berasal dari iklan, yakni sebesar 88 persen.

Keuntungan Facebook dari iklan di kuartal kedua 2013 mencapai 1,6 miliar dollar AS atau naik 61 persen dari periode yang sama tahun 2012.

Total pengguna Facebook pada Juni 2013 mencapai 1,15 miliar pengguna aktif bulanan, 819 juta di antaranya menggunakan ponsel, dan 699 juta adalah pengguna aktif harian.
Sumber: The Wall Street Journal
Editor: Reza Wahyudi